Kemasan


Bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir bandang, badai dan lain-lain adalah suatu fenomena kejadian alam yang sangat mampu memunculkan kecemasan dan mampu menimbulkan pengaruh psikologis.
Belum lagi kecemasan yang timbul akibat berbagai persoalan hidup dalam diri kita, keluarga dan masyarakat disekitar kita. Setiap orang yang berhubungan dengan kita pun berpotensi pada diri menjadi tegang, stres, takut, cemas, was-was dan rasa yang khawatir kalau kita tidak pandai memanajemen diri secara arif dan bijaksana.

Banyak hal yang dapat mengakibatkan diri kita cemas seperti apabila kita seorang karyawan misalnya takut mengahadapi atasan dikarenakan ada kesalahan dalam melakukan tugas pekerjaan ataupun takut mengahadapi rekan kerja kita dikarenakan ada suatu konplik dalam pekerjaan ataupun juga dikarenakan kita harus melakukan suatu tugas yang harus segera diselesaikan, takut tidak terpakai oleh atasan, was-was terkena phk. Hal seperti ini biasanya dapat mengakibatkan hati kita menjadi cemas dan Masih banyak contoh-contoh yang dapat mengakibatkan hati kita cemas di dalam lingkungan pekerjaan kita.
 
Contoh lain yang dapat mengakibatkan kecemasan di lingkungan keluarga seperti cemas apabila kita tidak dapat menghidupi keluarga, cemas apabila kita ataupun bagian dari keluarga kita ada yang sakit, was-was apabila barang kepunyaan kita ada yang pinjam atau pakai, takut kehilangan sesuatu dan masih banyak yang dapat mengakibatkan kecemasan, was-was dan takut yang dapat membelenggu hati kita.

Masalah pekerjaan, keluarga, usaha ataupun lingkungan masyarakat adalah bagian dari kehidupan yang pasti dan harus kita jumpai dan lalui yang pasti akan membuat hati kita menjadi cemas, takut atau pun was-was dan itu adalah hal yang manusiawi di dalam kehidupan kita.

Ketidakmampuan kita menghadapi semua masalah baik di dalam diri kita ataupun alam dengan baik hanya akan membuat kita menderita stres yang silih berganti. Hal ini tentunya dan pasti tidak diinginkan oleh siapapun termasuk kita. Orang yang normal pasti sangat mendambakan hidup bahagia terbebas dari hal-hal yang mencemaskan.

Lantas bagaimana kita memutuskan sedikit-demi sedikit simpul stres, khawatir dan kecemasan yang selama ini membelengu.

Kecemasan dan kegelisahan adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Makanan yang enakpun tidak pernah dinikmati oleh orang yang selalu dilanda keresahan. Rumah yang megah tidak bisa dinikmati oleh hati yang gelisah. Kedudukan yang tinggi akan sirna dan tidak terasa ketika batin kehilangan ketenangan. hal ini pasti akan terjadi pada semua manusia. Yang sebenarnya menjadi masalah adalah apakah kecemasan dan ketakutan ini dapat kita kendalikan sehingga menjadi sesuatu yang bernilai positif. Ataukah sebaliknya menjadi suatu bencana yang dapat menghancurkan hidup kita.
 
Satu hal yang harus kita lakukan apabila hati kita cemas, was-was ataupun takut terhadap sesuatu, kita harus menghadapinya dan mengambil tindakan dengan tenang, ikhlas dan sabar. Dan kita harus selalu yakin di dalam suatu kejadian pasti ada hikmah dan pembelajaran yang dapat kita ambil dan menjadikan manajemen diri kita menjadi lebih baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemasan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar.